Gizi Buah

Jangan remehkan buah. Buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk sistem pencernaan tubuh kita. Di dalam buah mengandung serat alami yang bagus untuk membantu mencerna makanan, sehingga usus kita tidak bekerja terlalu berat. Buah meski rasanya manis, tetapi kandungan gula dalam buah tidak berbahaya bagi tubuh karena tidak ada campuran zat kimia. Gula dalam buah adalah gula alami.

Warna buah juga mempengaruhi kandungan vitamin di dalamnya. Buah-buahan berwarna kekuningan mengandung banyak vitamin C, buah berwarna kehijauan banyak mengandung vitamin A dan E, khusus untuk buah semangka mengadung unsur kalium di dalamnya.

Kalium ini baik untuk meningkatkan kinerja otot jantung kita. Sementara vitamin yang terdapat dalam buah bermafaat untuk meningkatkan vitalitas kita dalam menjalani berbagai aktivitas setiap hari. Memakan buah juga bagus untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah kita sakit.

Beberapa buah yang sering ditemui bahkan mengandung beberapa gizi buah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Vitamin A, B, C, D, E, K, mineral, dan gizi lain dari buah-buah sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Gizi Buah


Manfaat Vitamin dalam Buah-buahan

Vitamin merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan olhe tubuh manusia. fungsi dari vitamin bagi tubuh sendiri adalah untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari polusi dan zat yang merugikan tubuh. Bila asupan atau konsumsi vitamin kurang maka tubuh akan lebih mudah terjangkit oleg berbagai penyakit yang tentunya merugikan tubuh.

Dengan konsumsi buah-buahan maka metabolisme tubuh akan tetap terjaga. dan untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin ini, setiap orang bisa mendapatkanya dari berbagai jenis suplemen atau citamin yang terdapat dalam buah-buahan.

Mengkonsumsi banyak buah-buahan bisa menjadi sebagai salah satu cara terbaik untuk mencukupi kebutuhan vitamin tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin yang terdapat dalam buah merupakan vitamin alami. Jika dibandingkan dengan vitamin dalam bentuk kapsul atau pill, tentu vitamin alami lebih unggul. Namun, terkadang banyak orang kurang memahami apa saja kandungan vitamin yang terdapat dalam banyak jenis buah-buahan yang ada saat ini.

Ada beberapa vitamin yang dikenal dan dibutuhkan oleh organ tubuh. Vitamin-vitamin ini memiliki manfaat dan juga fungsi yang berbda-beda. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai manfaat vitamin bagi tubuh;

Manfaat Vitamin A bagi Tubuh
Vitamin A, seperti yang sudah banyak diketahui dikenal dapat membantu dan berguna untuk mencegah masalah gangguan mata. Selain dari itu, manfaat vitamin A juga dipercaya untuk mencegah dan membantu masalah penyakit kulit dan ssebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan sendiri sudah banyak orang ketahui berguna untuk mencegah penuaan dini dan sebagai benteng tubuh dari penyakit kanker.

Vitamin B bagi Tubuh
Vitamin B memiliki manfaat untuk mencegah dan menghambat pertubuhan virus, penyakit beri-beri, memperkuat tulang dan gigi, menjaga fungsi otot, kesehatan kulit, mata, saraf, serta menjaga fungsi otak. Vitamin B ini sangat penting untuk pembentukan sel darah merah baru dalam tubuh.

Vitamin C bagi Tubuh
Semua orang rata-rata telah mengetahui manfaat vitamin C sebagai antioksidan yang paling baik. Vitamin C juga penting untuk memperbaiki pertumbuhan jaringan tubuh yang rusak. Selain itu, vitamin C juga penting untuk penyerapan zat besi dan sangat baik untuk menghambat perkembangan sel-sel kanker atau penyakit kanker. Manfaat vitamin C juga mampu memberi kekuatan untuk tulang dan gigi.

Manfaat Vitamin D bagi Tubuh
Manfaat vitamin D yang paling utama bagi tubuh adalah untuk kesehatan kulit dan membunuh virus dan bakteri yang tentunya terbukti merugikan bagi kesehatan tubuh. Dengan terpenuhinya vitamin ini, akan membantu tubuh untuk menghambat berbagai serangan penyakit yang berhubungan dengan kekbalan tubuh. Vitamin D yang sangat penting juga untuk tulang dan gigi agar kuat dan tanpa ada masalah keropos.

Manfaat Vitamin E bagi Tubuh
Vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan berbagai jaringan yang terdapat dalam tubuh. Jaringan-jaringan tubuh tersebut seperti jaringan kulit, mata, sel darah merah, hingga hati. selain itu, vitamin ini juga dapat melindungi paru-paru manusia dari polusi udara. Nilai kesehatan ini terkait dengan kerja vitamin E di dalam tubuh sebagai senyawa antiosidan alami.

Vitamin E banyak ditemukan pada ikan, ayam, kuning telur, ragi, dan minyak yang ada pada tumbuh-tumbuhan (nabati). Walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit, orang yang kekurangan vitamin E dapat mengalami gangguan kesehatan yang fatal bagi tubuh, seperti kemandulan, baik pria maupun wanita. Selain itu, saraf dan otot akan mengalami gangguan yang berkepanjangan.

Manfaat Vitamin K bagi Tubuh
Vitamin K banyak berperan dalam pembentukan sistem peredaran darah yang baik dan juga berperan dalam proses penutupan luka. Kurangnya pengonsumsian vitamin ini akan berakibat pada pendarahan di dalam tubuh dan kesulitan dalam proses pembekuan darah. Selain itu, vitamin K juga berperan sebagai kofaktor enzim untuk mengkatalis reaksi karboksilasi asam amino asam glutamat. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan tubuh dalam hal vitamin K maka setiap orang diharuskan untuk memperbanyak mengonsumsi susu, kuning telur, dan sayuran segar. Semua jenis makanan tersebut merupakan sumber vitamin K yang baik bagi pemenuhan kebutuhan di dalam tubuh.

Manfaat-manfaat vitamin ini dapat ditemukan di berbagai jenis buah-buahan segar. Selain alami, vitamin dalam buah-buahan juga bisa dapat memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh.

Kandungan Vitamin dalam Buah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah memiliki vitamin yang penting bagi tubuh. Beberapa jenis buah-buahan bahkan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sesering mungkin. Hal ini dikarenakan dalam buah terdapat berbagai gizi yang sangat dibutuhkan dalam tubuh, salah satunya adalah adalah vitamin.

Vitamin dalam buah sangatlah beragam, dari mulai vitamin A hingga vitamin K ada dalam kandungan gizi buah. Berikut adalah beberapa jenis buah beserta vitaminnya;

Buah Apel
Sekitar 85% dari berat buah aple terdiri atas air, 9% apel terdiri atas gula, dan 12% nya untuk karakteristik kimia. Semua indikasi dari sebuah apel tidak memiliki kontraindikasi bagi penderita diabetes.

Buah apel memiliki vitamin yang sangat penting bagi tuuh manusia, seperti A, B1, B2, C, asam organik, mineral, dan elemen lain seperti kalsium, klorin, zat besi, tembaga, magnesium, belerang, potasium, dan fosfor. Satu hal yang paling penting terkandung dalam sebuah aple adalah pektin. Perktin sendiri dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Buah Alpukat
Alpukat merupakan buah yang kaya protein dan lemak. Lemak dalam buah alpukat ini ham[pir sebanding dengan buah zaitun banyaknya. Buah ini sangat kaya akan vitamin A, B1, B2, B6, D, E, dan vitamin K. Buah alpukat merupakan buah yang memiliki energi. Per 100 gram buah alpukat terkandung sekitar 7% gula, 19% lemak, dan hampir 2% protein.

Buah Delima
Seperti pada kebanyakan jenis buah-buahan yang lainnya, buah delima juga mengandung cukup tinggi sejumlah vitamin, seperti vitamin A, C, dan vitamin E. Tidak hanya itu, dalam buah delima juga terkandung senyawa-senyawa lain yang di antaranya adalah mineral-mineral dan kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan menjaga tulang agar tetap sehat, tidak mudah keropos atau esteoporosis.

Buah Jeruk
Kandungan vitamin dalam buah jeruk adalah vitamin A, B1, B3, dan B5, dan vitamin yang banyak dikandung dalam buah jeruk adalah vitamin C. Selain vitamin-vitamin tersebut, dalam sebuah jeruk juga terdapat vitamin lain, seperti vitamin J dan vitamin E yang hanya berjumlah kecil. Asam amino yang terdapat dalam buah jeruk juga terdiri atas beberapa, seperti asam aspartat dan asam glutamat, arginin, glisin, lisin, prolin, serin, tirosin, dan treonin.

Selain buah-buahan di atas, masih banyak buah-buahan yang juga mengandung berbagai macam vitamin yang betmanfaat bagi tubuh manusia. Demikianlah pembahasan mengenai vitami dan gizi buah yang dapat disampaikan, semiga bermanfaat.
---