Jadwal Diet: Makan Malam? Gak Masalah

Anda pasti pernah mendengar larangan untuk tidak makan malam terlalu malam. Bagi sebagian wanita, makan malam merupakan hal yang sama sekali harus dihindari. Makan malam dipercaya dapat menimbun lemak yang terkandung pada makanan dalam tubuh.

Mereka beranggapan, makanan yang masuk nantinya hanya akan tertimbun, karena pada malam hari manusia cenderung tidak melakukan kegiatan apapun.

Begitu juga dengan yang harus dilakukan dalam diet. Para wanita dengan pemaham seperti di atas benar-benar menghilangkan jadwal diet untuk makan malam. Kalau pun ada makan malam maka jenis makanan yang diambil adalah makanan-makanan yang ringan yang tak akan membenani tubuh dengan timbunan kalori atau pun lemak.


Dengan sedikit sekali porsi makanan yang didapat saat makan malam maka akan membuat tubuh lebih bisa untuk mengurangi timbunan lemak dan aklori dalam tubuh yang menyebabkan berkurangnya berat badan yang Anda miliki.

Pemahaman seperti itu sudah seharusnya dihilangkan, karena kini banyak penelitian para ahli yang mengatakan bahwa makan malam sama sekali tidak akan membuat tubuh wanita menjadi lebih langsing secara drastis.

Makan malam tidak akan mengganggu jadwal diet yang sudah Anda susun, tapi makan malam justru dapat menjaga kestabilan berat badan Anda, apalagi bila Anda makan malam bersama keluarga. Jadi mulai sekarang jangan hapus jadwal makan malam Anda dari jadwal diet!

Jadwal diet tidak harus menghapuskan makan malam dari agenda pemenuhan gizi Anda. Kebutuhan kalori untuk setiap manusia pastilah berbeda. Sebagian besar, para wanita dewasa membutuhkan asupan kalori sebanyak 1500 kalori.

Untuk jumlah kalori sebanyak itu, Anda bisa membaginya dalam tiga kali waktu makan. Pagi sebanyak 500 kalori, makan siang asupan kalori diusahakan sebanyak 600 kalori, dan sisanya bisa Anda pergunakan untuk "jatah" makan malam.

Jatah kalori untuk makan malam memang cenderung lebih rendah, karena metabolisme tubuh manusia pada malam hari akan berbeda dengan metabolisme tubuh manusia pada saat siang hari. Kalori yang berlebih pada saat makan malam juga tidak terlalu baik untuk kesehatan.

Jadi, yang harus Anda lakukan adalah mengontrol asupan kalori makanan pada malam hari dan jangan menghilangkan jadwal makan malam Anda sama sekali.

Makan malam sebaiknya dilakukan antara jam 6 hingga 7 malam. Jarak antara makan malam dengan jadwal tidur harus disesuaikan. Jangan biarkan perut Anda masih terisi penuh dengan makanan sementara satu atau dua jam lagi Anda sudah harus tidur.

Tubuh yang semestinya diistirahatkan, mendadak harus bekerja memproses semua makanan yang masuk dalam tubuh, dan hal inilah yang  dapat membuat kacau sistem metabolisme tubuh di malam hari.

Dari penjelasan di atas dapatlah kita peroleh gambaran bahwa adalah hal yang diperbolehkan untuk memasukkan makan malam pada jadwal diet Anda. Makan malam tidak akan merusak program diet yang telah Anda rancang dan Anda jalankan. Namun makan malam justru akan membantu berjalannya program diet dengan lebih baik lagi jika dilakukan dengan sesuai, benar dan tepat.

Pengaturan jadwal diet untuk makan malam yang sesuai dapat dilakukan dengan memilih jenis makanan yang tepat dengan porsi yang tepat pula. Perlu diingat, walaupun pada malam hari tubuh tidak melakukan banyak aktivitas namun tubuh tetap perlu mendapatkan asupan makanan yang cukup.

Selain jenis makanan, makan malam juga harus diatur dalam jadwal diet mengenai waktunya. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan mengatur jadwal makan malam untuk dapat dilakukan beberapa jam sebelum kita tidur. Hindarkan untuk membuat perut masih terisi penuh ketika berangkat tidur.

Dengan penjelasan di atas maka benar-benar harus dihapus anggapan tidak boleh makan malam saat menjalankan program diet. Berikut beberapa jenis makanan untuk setiap jadwal makan:

Makan pagi: satu atau dua buah pisang, secangkir teh hijau dengan satu sendok makan gula manis dan dua buah telor yang digoreng dengan minyak zaitu.

Makan siang: sepiring nasi, satu potong daging sapi dan sebuah apel.

Makan malam: semangkok penuh sayuran misalnya brokoli yang dibuat sup, ikan laut jenis apa pun dan satu potong buah pepaya yang diberi perasan jeruk nipis.

Terlihat dari satu contoh makanan diet di atas, makan malam tetap dilakukan. Hanya porsinya saja yang diatur sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Jadi dapatlah kita mabil kesimpulan bahwa makan malam tetaplah dapat dimasukkan dalam jadwal diet kita. Hanya saja dalam pelaksanaannya dibutuhkan pengaturan tentang jenis makanan dan jumlah atau porsinya. Waktu pelaksanaan makan malam juga harus benar-benar diperhatikan agar tidak membuat perut masih terisi penuh makanan saat berangkat tidur.
---