Menu Diet

Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, tentu hal yang sering dilakukan adalah menjaga porsi makan, memilih menu diet dan berusaha dengan sekuat tenaga untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Dalam diet seringkali orang mengurangi jumlah makanannya dan juga mengurangi nutrisi makannya supaya diet itu berhasil dan dapat berlangsung dengan cepat. Tentu hal tersebut merupakan hal yang tidak boleh terjadi untuk siapa saja.

Semua jenis makanan apapun tentu mengandung beragam jenis nutrisi yang mempunyai manfaat di setiap masing-masing nutrisinya. Di zaman modern ini tentu kehidupan manusai semakin sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk memperhatikan asupan nutrisi untuk tubuhnya.

Menu Diet

Hal inilah yang kemudian menyebabkan orang banyak memilihi makanan yang sembarangan. Makanan yang dipilih secara sembarangan ini tentu tidak memperhatikan kualitas dan kadar nutrisi dan juga risiko yang memungkinkan sebagai faktor yang menyebabkan sumber penyakit atau lainnya yang disebabkan oleh makanan tersebut.

Salah satu akibat dari mengonsumsi makanan sembarangan ini ialah terjadinya kegemukan pada tubuh. Kegemukan ini seringkali menimbulkan obesitas dan juga penyakit lainnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengatur asupan nutrisi bukan menghilangkannya. Dan memilih menu diet sesuai nutrisi. Berikut adalah beberapa dafar nutrisi dan diet yang bisa dilakukan untuk anda yang menginginkan memiliki tubuh ideal :

Kalium
Kalium merupakan hal sangat penting dalam menu yang dikonsumsi oleh seseorang dalam dietnya. Kalium sendiri merupakan salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tekanan darah ke tekanan yang lebih normal. Dengan tekanan darah yang normal, maka hidup pun akan sehat dan juga dapat meningkatkan kesuburan, menjaga kesehatan otot danfungsi saraf. Kalium untuk nutrisi dan diet ini bia didapatkan dari ubi jaar, brokoli, pisang dan lain sebagainya.

Magnesium
Magnesium yang mengandung nutrisi untuk diet ini merupakan nutrisi yang dapat mencegah kita dari serangan penyakit. Seperti yang sudah kita ketahui, jika tubuh mengalami kekurangan magnesium, banyak sekali penyakit yang akan menyerang seperti misalnya osteoporosis, diabetes, kram otot, jantung, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

Magnesium dalam nutrisi dan diet ini juga dapat menjadi sumber makanan yang bisa menahan rasa lapar yang berlebihan. Sehingga untuk berdiet pun akan sangat baik jika dikonsumsi. Sumber magnesium dari makanan dapat kita ambil dari bayam, kacang polong, almond, dan lain sebagianya.

Vitamin A
Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin A terdiri atas 2 jenis, yaitu retinol dan karotenoid. Vitamin A ini berfungsi sama halnya dengan betakaroten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh terutama panca indera penglihatan, imunitas atau kekebalan tubuh dan pertumbuhan jaringan. Makanan yang banyak mengandung vitamin A ini ialah ubi jalar, bayam, wortel, sereal, dan juga labu.

Vitamin E
Vitamin E sering digunakan sebagai antioksidan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, indera penglihatan yang baik, serta mengurangi pembuluh darah yang tersumbat. Yang unik dari Vitamin E ini adalah baik untuk nutrisi dan diet, makanan yang banyak mengandung vitamin E ini adalah almond, hazelnut, kwaci, minyak safflower, minyak bunga matahri, selai kacang, dan biji-bijian.

Kalsium
Tidak heran lagi jika kalsium sering dijadikan sebagai kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tulang. Tidak hanya itu, kalsium juga sangat baik untuk membantu mempertahankan otot dan juga mengatur detak jantung dan mencegah agar tidak menjadi tekanan darah tinggi. Untuk nutrisi dan diet tentu hal tersebut tidak perlu ditanykan lagi, pertumbuhan tulang yang sehat tentu akan membantu dalam membentuk tubuh yang ideal. Sumber makanan yang mengandung kalsium ini di antaranya adalah susu, salmon, tahu dan lain sebagainya.

Vitamin C
Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin C sangat berguna untuk mengobati penyakit ringan seperti flu, sariawan dan lain sebagainya. Kandungan vitamin C ini bisa didapatkan dari berbagai macam buah dan sayuran. Vitamin C ini bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan jaringan. Selain itu, vitamin C juga berguna untuk mencegah kerusakan sel tubuh layaknya seperti antioksidan dan mempercepat penyembuhan.

Serat
Seperti yang sudah kita ketahui, serat memang baik untuk sistem kesehatan pencernaan. Makanan yang kaya akan serat umumnya mengandung rendah kalori. Sehingga untuk nutrisi dan diet, serat ini tidak perlu dikhawatirkan atau ditakutkan. Serat juga merupakan makanan yang sangat mengenyangkan, sehingga untuk Anda yang sedang berdiet, hal ini dapat membantu untuk mengurangi rasa lapar.

Serat yang diambil dari biji-bijian dan juga kacang-kacangan sangat banyak manfaatnya, di antaranya menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kerja usus, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah beberapa jenis kanker dan juga mengurangi risiko diabetes.

Jenis-jenis kandungan pada makanan di atas merupakan sebagian kecil yang bisa dikonsumsi dalam hal nutrisi dan diet yang hingga saat ini masih banyak orang  tidak mengetahuinya. Kandungan nutrisi untuk diet memang menjadi hal yang banyak diperbincangkan saat ini. Nutrisi tubuh memang harus dipenuhi setiap saat, namun karena alasan diet, maka banyak juga orang-orang yang sengaja mengurangi porsi makan yang mengandung nutrisi tersebut sebagai langkah untuk memiliki berat badan yang ideal.

Nutrisi merupakan hal yang sangat penting untuk tubuh. Nutrisi merupakan sumber makanan untuk tubuh yang terkandung dalam makanan yang diserap oleh tubuh. Semakin bagus kualitas makanan yang dikonsumsi, semakin baik pula nutrisi atau makanan yang dikonsumsi oleh sel tubuh kita. Nutrisi ini merupakan zat yang penting untuk tubuh yang berguna sebagai tenaga dan bahan bakar untuk aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Nutrisi ini juga berfungsi sebagai materi yang diperlukan oleh tubuh untuk memulihkan dan memperbaiki diri dari kerusakan.

Seperti halnya nutrisi, diet merupakan suatu hal yang baik untuk beberapa orang. Banyak diet yang dilakukan oleh orang banyak untuk membentuk tubuh supaya terlihat ideal dan juga sebagai sarana untuk menjaga berat badan tubuh agar tidak berbobot berlebihan.

Namun, seringkali diet tidak memedulikan kandungan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Misalnya saja nutrisi yang seharusnya dikonsumsi oleh tubuh, sel tubuh tidak mendapatkannya karena alasan sedang berdiet. Dari sinilah harus diketahui pola makan yang baik untuk memenuhi nutrisi dan diet.

Nutrisi pada umumnya terbagi menjadi dua macam, yaitu nutrisi makro dan nutrisi mikro. Nutrisi makro sendiri merupakan kandungan atau makanan sel yang mengandung energi dan kalori. Biasanya dibutuhkan oleh tubuh berjumlah besar. Jenis nutrisi makro ini ada tiga macam, yaitu :

Protein
Protein ini merupakan sumber nutrisi yang bisa didapatkn dari daging ayam, ikan, putih telur, produk susu tanpa lemak baik itu susu, keju, yoghurt, kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang almond dan lain sebeagainya. Jenis makanan ini memang tergolong sulit untuk bisa menyeimbangkan antara nutrisi dan diet. Namun, yang penting adalah pengaturan jenis makanan ini agar bisa memenuhi kebutuhan tubuh dan juga memenuhi progeam diet Anda.

Karbohidrat
Karbohidart ini merupakan zat yang paling banyak kita konsumsi setiap harinya. Sumber yang baik untuk kita konsumsi sebagai penyeimbang antara nutrisi dan diet adalah nasi merah, ubi, kentang, gandum, oatmeal, pasta, singkong, ketela talas, dan lain sebagainya. Karbohidrat juga sering ditemukan dalam sayur dan buah-buahan.

Lemak
Bagi Anda yang sedang berdiet, mendengar kata lemak merupakan hal yang sangat dibenci. Akan tetapi untuk menyeimbangkan antara nutrisi dan diet, lemak ini juga sangat dibutuhkan bagi tubuh kita. Sumber lemak yang dapat dikonsumsi sebagai penyeimbang menu diet Anda di antaranya kacang-kacangan, ikan, minyak ikan, minyak zaitun atau extra virgin, minyak kedelai, alpukat, minyak kanola, dan minyak bunga matahari.
---