Jus Buah untuk Diet, Resep & Manfaatnya

Wanita mana sih yang tidak ingin mempunyai tubuh langsing? Mendengar kata langsing, ingatan penulis langsung tertuju kepada peragawati yang berperawakan tinggi semampai, tanpa ada gumpalan lemak yang berlebihan di bagian tubuhnya.

Setiap wanita tentunya sangat mendambakan mempunyai tubuh yang langsing. Banyak sekali iklan produk diet untuk melangsingkan tubuh yang ditayangkan oleh televisi. Mulai dari berbagai jenis obat-obatan, susu, minuman, dan makanan olahan.

Namun tahukah Anda bahwa kitapun sebenarnya dapat membuat sendiri ramuan-ramuan untuk melangsingkan badan dengan biaya yang murah dan lebih sehat? Jus sayuran dan jus buah! Itulah jawabannya. Dalam artikel ini, penulis akan menguraikan tentang manfaat jus buah untuk diet dengan biaya yang murah dan lebih sehat.

Jenis Buah Untuk Jus Diet


Jus buah apel

Buah yang mempunyai nama latin malus domestica atau Pyrus malus ini mempunyai manfaat yang sangat baik dan banyak untuk kesehatan.

Menjaga kadar gula darah stabil
Apel mempunyai kadungan serat yang cukup tinggi sehingga dengan mengonsumsi sebuah apel saja perut kita akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, apel sangat baik dikonsumsi oleh para penerita diabetes.

Menjauhkan risiko asma
Buah apel dipercaya dapat memperkuat organ pernapasan sehingga dapat menurunkan resiko penyakit asma pada bayi dan mencegah timbulnya penyakit paru-paru pada orang dewasa.

Menurunkan kolesterol
Apel mengandung zat pektin dan polifenol yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Mencegah kanker
Apel mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat mencegah terjadinya kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Meningkatkan daya ingat
Dengan mengonsumsi apel dapat meningkatkan produksi asetilkolin yang berfungsi sebagai penghubung sel-sel saraf otak sehingga dapat mencegah timbulnya resiko alzheimer dan kepikunan.

Menjaga kekebalan tubuh
Apel mengandung vitamin C dan betakaroten yang cukup tinggi sehingga sangat berguna untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap munculnya berbagai kemungkinan infeksi atau peradangan pada tubuh.

Juas buah nanas

Nanas dikenal dengan nama latin Ananas comosus (L) Merr.) merupakan salah satu jenis buah yang sangat cocok untuk dijadikan jus. Hal itu disebabkan kandungan gizi terutama vitamin C yang sangat tinggi. Beberapa manfaat buah nanas antara lain:

Menurunkan hipertensi
Dengan mengonsumsi jus nanas secara teratur, seseorang yang menderita hipertensi dapat menurunkan tekanan darah tingginya secara bertahap. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet untuk menurunkan berat badan.

Menjaga kekebalan tubuh
Nanas mempunya kandungan vitamin C yang paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis-jenis buah yang lainnya sehingga jika dengan mengonsumsi jus nanas secara teratur akan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Kondisi tubuh kita akan senantiasa fit dan tidak mudah terserang penyakit seperti flu.

Mempertahankan keremajaan kulit
Kandungan vitamin C yang tinggi sangat baik untuk menjaga keremajaan kulit sehingga kulit akan tampak selalu segar. Selain itu, dengan rajin mengonsumsi jus nanas dapat menghambat penuaan dini, kulit wajah akan senantiasa tampak cerah dan segar.

Jus buah jeruk

Jeruk mempunyai Citrus dari suku Rutaceae memiliki banyak jenis, tapi secara umum mempunyai khasiat yang sama. Namun, yang dibahas di dalam artikel ini adalah jus jeruk manis. Jus jeruk manis selain enak rasanya juga mempunyai khasiat yang sangat penting untuk kesehatan kita, beberapa di antaranya sebagai berikut:

Menjaga kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C yang tinggi sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

Menjaga kesegaran dan kesehatan kulit
Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam jeruk sangat baik untuk menjaga kesegaran dan kesehatan kulit. Vitamin C dapat mencegah timbulnya jerawat dan dapat mengangkat sel-sel kulit yang mati.

Memperlancar pencernaan
Selain kaya dengan kandungan vitamin C, jeruk juga mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Serat pada jeruk selain dapat menahan rasa lapar juga dapat memperlancar saluran pencernaan sehingga dapat mencegah kegemukan.

Menambah semangat
Tidak bisa dipungkiri bahwa jeruk mempunyai aroma yang sangat menenangkan. Aroma yang ditimbulkan oleh jus jeruk dapat menambah semangat hidup dan memberikan efek rileks pada sel-sel saraf.

Mengobati penyakit TBC
Jus jeruk baik dikonsumsi tidak hanya oleh orang-orang yang sedang menjalankan diet karena ingin mendapatkan bentuk tubuh dan kesehatan tubuh yang ideal. Jus jeruk juga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita TBC, karena kandungan vitamin C yang dapat mengurangi risiko penyakit TBC.

Jus buah anggur

Anggur merupakan buah yang memiliki prestise tinggi, selain harganya yang cukup mahal juga tidak semua kalangan masyarakat pernah mencicipi lezatnya buah anggur. Meskipun demikian, harga ekonomi yang cukup tinggi tidak menjadi masalah jika dibandingkan dengan betapa berharganya kesehatan kita. Jus buah anggur mempunyai beberapa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kita. Berikut ini manfaat dari jus anggur:

Mencegah penyakit jantung
Seseorang yang rutin mengonsumi jus anggur dapat mengurangi terkena risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan anggur dapat meningkatkan kadar oksida nitrat di dalam darah sehingga dapat mencegah pembekuan darah yang dapat menyumbat saluran pembuluh darah.

Membantu menyembuhkan penyakit asma
Mengonsumsi jus anggur secara teratur dapat meningkatkan kelembaban di alam paru-paru sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit asma.

Mencegah sembelit dan saluran pencernaan
Anggur mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, anggur dikenal sebagai pencuci perut yang sangat baik karena mengandung asam organik, gula dan selulosa.

Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh, tinggal memilih buah apa saja yang ingin Anda jadikan jus. Namun alangkah baiknya jika kita melakukannya secara lebih variatif, agar kondisi kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Anda setuju, bukan?
---