Cara Cepat Membakar Lemak Perut

Perut yang tampak ramping adalah dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Bahkan, bentuk perut yang proporsional diakui dapat menunjang penampilan dan kepercayaan diri. Demi mendapatkan bentuk tubuh ideal seperti ini, tidak sedikit orang mencari cara cepat membakar lemak perut. Hal ini karena mereka yang lebih menyukai hasil yang instan dibandingkan menjalani proses yang memakan waktu agak lama.

Perut buncit sebenarnya tidak hanya dominasi oleh mereka yang berbadan gemuk. Orang-orang yang bertubuh kurus pun bisa saja memiliki perut buncit. Rasanya memang kurang nyaman memiliki perut buncit. Oleh sebab itu, Kita bisa saja menyembunyikan perut yang buncit di balik pakaian. Namun lebih baik adalah berusaha menghilangkannya.


Hal yang lebih penting dari itu, lemak perut yang terus tertimbun dalam jangka panjang dapat berkembang menjadi lemak visceral yang memiliki peran cukup besar dalam menyebabkan diabetes tipe 2. Oleh karena itu, cara cepat membakar lemak perut selalu menjadi topik yang dicaritahu dan diterapkan banyak orang.

Agar dapat lebih memahami bagaimana cara yang cepat untuk membakar lemak perut dan cara yang tepat untuk menghilangkannya, kita perlu mengetahui bagaimana proses pembakaran lemak terjadi di dalam tubuh kita. Terlebih lemak di bagian perut lebih sulit diatasi dibanding timbunan lemak di bagian tubuh yang lain.

Lemak di dalam tubuh kita yang tersimpan di bagian perut, paha, lengan, dan sebagainya adalah sumber tenaga cadangan yang digunakan saat sumber energi utama berupa karbohidrat dan gula sudah terpakai. Artinya, pembakaran lemak hanya akan terjadi bila tubuh kita sudah kehabisan karbohidrat dan gula ketika melakukan aktivitas.

Karena itu, bila seseorang makan sebelum berolahraga, maka kecil kemungkinan lemaknya akan terbakar. Hal ini tentu akan menyulitkan kita memperoleh tubuh ideal yang diinginkan dengan cepat. Sebab saat berolahraga, tubuh akan mengambil karbohidrat dan gula dari makanan yang ia makan sebelumnya.

Cara Membakar Lemak dengan Cepat

Setiap orang memiliki kelebihan lemak tubuh yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, waktu yang diperlukan untuk membakarnya juga berbeda-beda. Semakin tebal lemak yang tertimbun, maka semakin lama kita membutuhkan waktu untuk membakarnya. Berikut ini adalah cara cepat membakar lemak perut secara alami dan sehat.

1. Makan makanan berserat
Kondisi perut yang ramping dan sehat tidak terjadi dengan sendirinya. Hal ini sangat terkait dengan apa yang kita makan. Jika Anda ingin perut Anda tidak terlihat buncit, usahakan untuk menghindari makanan yang mengandung banyak gula, kalori, dan lemak seperti daging, permen, cokelat, biskuit, kue, keripik, dan makanan-makanan cepat saji.

Sebisa mungkin, dalam setiap menu harian Anda terdapat banyak makanan kaya serat (seperti sayur-sayuran dan buah-buahan) dan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks (nasi merah, gandum, kacang-kacangan).
Baca Juga : Metode Cara Melangsingkan Perut yang Cepat
Kandungan serat dalam makanan tak ubahnya seperti sikat yang akan membersihkan lambung dan pencernaan kita dari sisa-sisa metabolisme tubuh. Bayangkan jika Anda tidak mengonsumsi serat, maka sisa-sisa makanan tersebut akan menempel di tubuh Anda dan menyebabkan timbunan lemak di perut.

2. Perbanyak minum air putih
Metabolisme yang lancar juga merupakan salah satu cara cepat untuk membakar lemak di perut. Hal ini harus ditunjang dengan memperbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari atau dua liter sehari. Konsumsi air dalam jumlah tersebut akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda sebanyak 30%. Sebagai gambaran, bila kita meminum air sekitar 1,5 liter per hari, maka akan dapat membakar kalori sebesar 17.400 kalori tiap tahunnya atau setara dengan 3 kg.

3. Makan sering dengan porsi kecil
Penimbunan lemak di perut selain diakibatkan kurangnya proses pembakaran lemak melalui aktivitas atau olahraga, juga disebabkan kebiasaan makan dalam porsi banyak. Banyak orang masih berpandangan bahwa makan sekali tapi banyak lebih berguna untuk program diet yang dijalankan. Padahal, yang terjadi adalah penimbunan lemak akan semakin parah karena tubuh tidak serta merta bisa mencerna seluruh makanan yang dimakan pada satu waktu.

Metabolisme tubuh justru bisa terjadi dengan lebih baik pada kebiasaan makan sering namun dengan porsi kecil. Cara makan seperti ini dapat menghindarkan perut dari penimbunan lemak. Anda juga bisa mengikuti program diet khusus kalori dengan menjaga konsumsi kalori tidak lebih dari 1.600 kalori dan mengonsumsi lemak sehat yang berasal dari alpukat, cokelat hitam, kacang, dan minyak zaitun. Kurangi juga makan goreng-gorengan yang bisa membuat tumpukan lemak di dalam tubuh.

4. Lakukan olahraga mengecilkan perut
Banyak orang menginginkan perut indah dan rata tanpa usaha yang keras untuk mewujudkannya. Tentu saja hal ini tidak mungkin. Tubuh yang ideal dan sehat dengan perut yang menawan tidak terjadi begitu saja. Bahkan mengatur pola makan dan menjalankan program diet tidak cukup untuk bisa membakar lemak di perut dengan cepat.

Olahraga adalah keharusan! Sebab, olahraga sangat efektif membakar lemak. Olahraga kardiovaskular seperti lari, renang, jogging, dan bersepeda adalah beberapa jenis aktivitas yang dapat membantu Anda membakar lemak perut dengan cepat jika dilakukan secara rutin (setiap hari dengan intensitas latihan minimal 1 jam).

Anda bisa juga datang ke pusat kebugaran untuk lebih memfokuskan olahraga Anda di sekitar perut (misalnya dengan sit-up, push-up, back extension, knee circle, side chop, upper body crunch). Anda bisa minta bantuan instruktur untuk melakukan gerakan tersebut.

Penting juga untuk memerhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga agar olahraga menjadi tidak sia-sia dan hasil yang diinginkan dapat tercapai. Oleh karena itu, lakukan olahraga saat perut kosong, terutama di waktu pagi hari agar pembakaran lemak menjadi lebih efektif. Pagi hari setelah bangun tidur adalah saat yang tepat untuk berolahraga. Perut yang kosong hanya memiliki sedikit persediaan karbohidrat, sehingga tubuh akan mengambil lemak sebagai sumber tenaga.

5. Istirahat dan tidur cukup
Sepintas, terlihat tidak ada kaitannya antara penimbunan lemak di perut dengan istirahat dan tidur yang cukup. Namun, istirahat dan tidur yang tidak cukup, yaitu kurang dari enam sampai delapan jam sehari, akan menyebabkan hormon tubuh kita selalu berada di dalam keadaan ingin menyimpan lemak. Jika demikian, perut rata tinggal impian belaka.

6. Mengonsumsi teh hijau
Dalam upaya mengecilkan perut, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi minuman herbal seperti teh hijau yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 4 persen bila diminum secara teratur, misalnya tiga kali sehari. Selain itu, teh hijau ternyata dapat membantu membakar kalori sekitar 60 kalori per harinya atau setara dengan 3 kg tiap tahun bila dikonsumsi secara rutin.

7. Sarapan sehat
Upaya mengecilkan perut, tidak bisa terlepas dari kewajiban untuk mengonsumsi sarapan sehat. Salah jika kita menghindari sarapan untuk mendapatkan perut yang rata. Penelitian menyatakan bahwa sekitar 80% orang yang telah sukses menurunkan berat badannya adalah mereka yang tidak melewatkan sarapan. Makan pagi terbukti berperan penting dalam menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Namun, syaratnya adalah sarapan yang sehat dengan menu seperti susu rendah lemak, salad sayuran, buah-buahan, atau sereal tinggi serat.

Bila semua hal di atas dilakukan dengan disiplin, niscaya lemak perut akan terbakar dengan cepat. Jadikan cara cepat membakar lemak perut yang disebutkan di atas sebagai bagian dari kebutuhan. Mari kita mulai terapkan dalam kebiasaan kita sehari-hari. Sehingga, kita akan mendapatkan tubuh yang sehat dan penampilan yang menarik sebagai bonus untuk kualitas hidup yang lebih baik.
---